BATANG BLOG

Contoh Surat | Pidato | RPP I Silabus | Pendidikan

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013

Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 - tahun 2013 ini ada kurikulum baru dan salah satu perbedaan Kurikulum 2006 (KTSP) dengan Kurikulum 2013 adalah ada kaitanya  dengan perencanaan pembelajaran. Dalam Kurikulum KTSP, kegiatan pengembangan silabus merupakan kewenangan satuan pendidikan masing-masing, namun dalam Kurikulum 2013 ini kegiatan pengembangan silabus beralih menjadi kewenangan pemerintah seutuhnya, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan masing-masing.

Meski para pengajar tidak usah membuat silabus sendiri (diambil alih kewenangan guru?), seorang pengajar tetap saja dituntut untuk dapat memahami seluruh makna dan pesan yang terkandung dalam silabus itu , terutama untuk kepentingan operasional dan administrasi pembelajaran. Oleh karena itu, upaya telaah (kajian) silabus tampak menjadi penting, baik dilakukan secara mandiri maupun kelompok (khususnya melalui kegiatan bedah silabus dalam forum MGMP), sehingga diharapkan para guru dapat memperoleh perspektif yang lebih tajam, utuh dan komprehensif dalam memahami  seluruh isi silabus yang telah disiapkan tersebut.
Sementara untuk penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) tampaknya masih tetap menjadi kewenangan dari pengajar yang bersangkutan, yaitu dengan berusaha mengembangkan dari Buku induk (termasuk silabus) yang telah disiapkan pemerintah.
Yang membuat penasaran bagi para pengajar termasuk  kita, kira-kira seperti apakah RPP yang sejalan dengan semangat dan prinsip-prinsip pembelajaran yang dikehendaki oleh Kurikulum 2013 ini ?  bapak Akhmad S beruntung menemukan sebuah model RPP yang bisa kita jadikan referensi. Model RPP ini di peroleh dari komunitas FaceBook Ikatan Guru Indonesia, hasil Seminar Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) di Surabaya, 17 Maret 2013.
Memperhatikan contoh silabus dan RPP yang diajukan ini, saya melihat ada yang berbeda dengan RPP yang dikembangkan selama kurikulum KTSP , diantaranya:
  • Langkah-langkah pembelajaran tidak lagi mencantumkan secara  detil tentang siklus eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, tetapi telah terbingkai secara utuh, dengan merujuk pada metode pembelajaran yang dipilih.
  • Nilai-nilai dalam pendidikan berkarakter tidak hanya sekedar dipasang dalam rumusan tujuan atau langkah-langkah pembelajaran.
  • Dan yang paling utama, pendekatan pembelajaran yang hendak dikembangkan telah menggambarkan sebuah proses pembelajaran yang lebih mengedepankan peran aktif peserta didik  dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Sementara untuk para pengajar  lebih banyak menampilkan perannya sebagai pembimbing dan fasilitator belajar peserta didik (lihat langkah-langkah dalam kegiatan inti).
Demikian artikel tentang Contoh RPP dan Silabus Kurikulum 2013 , terima kasih atas kujunganyanya semoga bermanfaat bagi anda ...
Silahkan bila Anda ingin mengunduh Model Silabus dan RPP 2013 tersebut? Silahkan klik tautan di bawah ini:
Terimakasih Anda telah membaca tentang Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Unknown
Semoga informasi Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013 bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses
Ditulis oleh: Unknown - Sunday, April 28, 2013

1 Komentar untuk "Contoh Silabus dan RPP Kurikulum 2013"

  1. Ya, terima kasih dengan penjelasan silabus 2013 karena pergantian silabus sering membingungkan

    ReplyDelete